Impresi Drive by wire saat mbajak pantura dengan si grand Avanza 1.5G

Lintangcruisersblog–>> asswb bradzzz apa kabar…? Penak jamanku to… Hehhehe…berhubung ini bulan desember ya pasti identik dengan yang namanya libur massal bradzzz dan yang bikin greget adalah para perantau yang pasti akan segera membanjiri daerah2 asal yang mengingatkan saiyah pada perjalanan mudik yang lalu.langsung aja ni mw berbagi impresi si mobil sejuta umat toyota avanza saat mudik kemaren.. Iya kebetulan kemarin bawa avanza 1.5 type g bradzzz…mau tau impresinya seperti apa… Lanjut… 

  1. Dari kenyamanan berhubung mobil masih cuzzzz untuk suspensi terasa lembut bradzzz. Dengan muatan full 2 keluarga kinerja shockbreaker masih di bilang maksimal dan reboundnya pun cukup tanpa kejutan untuk melibas jalanan yang tidak rata tapi untuk lubang dan perbedaan tinggi jalan effeck mentalnya lumayan mengejutkan terutama saat masuk jalur pekalongan-kendal serta sedikit memberi effeck buang steer tapi masih dalam batas wajar. Tapi secara garis besar mobil ini anteb dan stabil.
  2. Kesenyapan ya untuk grand avanza ini kabin cukup senyap sehingga suara mesin tidak terdistribusi ke dalam kabin,tapi untuk kecepatan 90-130 kpj suara gemuruh saat membelah angin dan gemuruh ban sangat terdengar sehingga harus menambah konsentrasi bradzzz ,ini sangat terasa saat di tol cipali,batang,alasroban dan tol semarang.
  3. Konsumsi Bbm ini tergantung pilotnya bradzzz kebetulan kemarin mas jeck berdua jadi bisa gantian dan dilihat dari gaya drivernya jelas abang sayah seperti lewis hamilton karena sering  bermain di rpm atas saat oper gigi dan langsung di hajar lagi gasnya agar ga kehilangan momentum atau mencegah rpm turun terlalu jauh,alhasil start dari cikarang full tank pas sampai tegal jam 09 malam bensin tinggal 2 strip dengan catatan start dari cikarang jam 10 malam jam 01 dinihari mulai macet di plumbon merayap sampai jam 12 siang exit brebes barat.setekah isi bensin fulltank lagi akhirnya mas jeck pedang kemudi hehe… Pake style nya kimi raikonen aja yg lebih safety biar nggremet asal cepet waton slamet,dan ini terbukti sampai pas landing di kampung saiyah semin gunungkidul posisi strip bensin masih di tengah2.perkiraan kasar ini cukup irit lah mengingat rekor yang di pecahkan kurang lebih 600km ditempuh dengan  20 jam (yg 10 jam klesotan di cipali).
  4. Performa untuk yang satu ini tergolong jozzz ta ada gejala overheat meski terjebak macet dan merayap ratusan kilometer dengan system injek kopling masukin gigi gas trus di rem injek kopling netral dan itu terulang2 sepanjang dalam tol plumbon sampai pemalang.mobile etel ae sopir sikilnya sengkleh bradzzz. Dan untuk topdpeed mas cuma dapet 132 kpj an bradzzz itupun udah terasa godek2 beda lagi ababg saya saat di tol semarang tembys 137 kpjan membuat saya  tegang sambil ngreketin sendal gunung hehe.Pic by google
  5. Ini sebenarnya masuk dalam performa tapi saya pisah karena ada sesuatunya. Saat pertama mancal gas agak aneh karena gas maunya di urut dari rpm bawah bradzzz kendatipun langsung gas di penyak agak dalam tidak akan langsung berakselerasi meluncur deras tapi ada jeda atau nge lag sekitar 1-2 detik baru mobil mulai bereaksi normal jelas ini berbeda dengan avanza gen 1 atau allnew avanza gen 2. karena penasaran dan cari info akhirnta baru rsu ternyata untuk grand avanza ini menganut system DRIVE BY WIRE… Lho opo to drive by wire..? Jika di terjemahkan dalam bahasane cah mbeling yo iku mengemudi undet undetan kabel atsu bisa juga mengemudi dengan kejiret kabel..wskakaka.  Modiarrr ikih sopire…(guyon bradzzz).okekah untuk yang srmering baca blog tau lah kalau di honda cbr250rr namanya ride by ware yaitu pasokan bbm bukan di atur dari kabel gas tapi dari sensor di pedal gas yg di hubungkan ke ecu jadi yg mengatur besaran suplai bbm yang di butuhkan itu dari ecu bukan kabel gas bradzzz… Hmmm sudah kuduga.

Dan ini pun pantes saat saya rasakan di kondisi macet di jalan rata,di tanjakan dan angkatan untuk tanjakan ekstrim beberapa kali mesin mati akibat pijakan gas kurang dalam sehingga torsi yang di butuhkan tidak mencukupi untuk mendorong beban mobil bradzzz… Hehe wong biasa pas ngedrive pake avanza lama pedal gas di pendel dikit langsung nggaplok je…

Ya itu tadi bradzzz impresi mudik dengan grand avanza.. Alhmdllah selamat sampai di kampung,nanti arus baliknta saya share dah soalnya ada versus suzuki ertiga hehe.. Ya ywis makasih sudah mampir n salam cah mbelingg lingggg linggggg.

Advertisements

2 thoughts on “Impresi Drive by wire saat mbajak pantura dengan si grand Avanza 1.5G

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s