Mengenang Suzuki Satria F115 Youngstar, bebek ganteng yang berumur pendek

Posted on Updated on

Suzuki Satria 115 Youngstar – Lintangcruisers.com// Sekedar mengenang beberapa tahun lalu brad’s dimana motor jenis bebek aka Cub sempat di gandrungi di bumi Indonesia sebelum tergeser oleh dominasi segmen Skutik. Ya di zaman itu semua pabrikan berlomba membuat motor bebek dengan desain maupun spek mesin yang mumpuni untuk merebut pasar ini,namun tak semua berjalan mulus dan banyak juga yang gagal di perjalanan sehingga harus discontinue karena beberapa faktor. Nah kali ini LC ingin bernostalgia dengan bebek keren dari Suzuki yang berumur pendek yaitu Suzuki Satria F115 Youngstar di mana sebenarnya motor ini memiliki desain yang keren dengan mesin konvensional dari basic Suzuki Shooter 115cc yang terkenal bandel. Suzuki Youngstar menganut desain hyper underbone lebih tepatnya turunan dari kakanya yaitu Satria 150 Fu yang sudah familiar di ranah biker tanah air, tampilan bebek tanpa sayap ini cukup ganteng sebenarnya dengan headlamp,stang dan shockdepan model sport yang terlihat simpel dan dinamis. Hanya saja jika melihat ke area mesin barulah terlihat mesin selonjoran khas bebek konvensional yang membuat area ini terlihat sedikit kopong dan kurang padat. Suzuki Satria Youngstar masih menggunakan dual shock untuk bagian belakang sehingga kesan sportynya kurang terlihat brad’s karena rata2 motor di segmen ini telah menggunakan model momoshock seperti rival terdekatnya di eranya yaitu kawasaki Athlette 125. Nah sebenarnya apa saja sih yang membuat Suzuki Satria F115 Youngstar gagal di pasaran saat itu…? Yuk sedikit LC ulas di bawah ini penyebabnya.

Penyebab Suzuki Satria F115 gagal di pasaran.

#Lahir bukan di zamanya. Ya motor ini meluncur pas bukan era kejayaan motor bebek lagi brad’s tapi di era ini terjadi pergeseran pasar ke segmen skutik dimana banyak yang menginginkan motor simple dan praktis untuk beraktifitas sehari hari. Disini terlihat keterlambatan Suzuki dalam mendalami pasar Indonesia

#Fitur dan spesifikasi apa adanya. Selain pergeseran segmen Motor ini juga mengusung fitur yang standar serta spesifikasi mesin turunan dari Suzuki Shooter dari versi bebek low end.

#Harga yang tinggi. Dalam positioning harga Suzuki terlihat over confident karena berkaca dari kesuksesan Suzuki Satria FU 150 dengan desain Hyper Underbonenya padahal jelas di sini beda segmen dan sasaran, waktu itu Suzuki Satria F115 Youngstar di banderol Rp 16,5 jutaan untuk type standar dan 16,8 juta untuk livery motogp. Dengan harga seperti di atas saat itu mepet dengan motor yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Suzuki Satria F115 Young star memiliki umur yang cukup pendek karena di luncurkan pada bulan Mei 2015 dan tutup usia pada Februari 2016. Motor ini memiliki 2 type dan 3 varian warna yaitu Type Standar dengan warna Celebration Red dan Titan Black, sedangkan type berlivery motogp memiliki warna Biru khas team Suzuki motogp.

Yaps semoga bermanfaat salam cah nggunung..(JecksLC).

Baca juga : Bertemu Suzuki Satria F115 Youngstar

Spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star

MesinTipe : 4 Stroke, Air-Cooled, SOHC

Bore X Stroket : 51,0 mm x 55,4 mm Kapasitas mesin : 113 cc

Rasio Kompresi : 9,4 : 1

Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection Sistem Pendingin : AIR-COOLED Sistem Pelumas : Wet Sump

Starter : Electric / KickSistem Pengapian : Electronic Ingnition Kapasitas Oli : 800ml

Jenis Transmisi : 4-Speed, Constant Mesh

Jenis Kompling (Primary) Wet Shoe, Automatic, Centrifugal

Type Sasis

Suspensi Depan : Telescopic, Coil Spring, Oil Damped

Suspensi Belakang : Swingarm Type, Coil Spring, Oil Damped

Ukuran Ban Depan : 70/90-17 M/C 38 P, tube type

Ukuran Ban Belakang : 80/90-17 M/C 44 P, tube type

Rem Depan : Disc Brake Rem Belakang : Teromol

Kapasitas Tangki : 3.7L Dimensi : Panjang X Lebar X T : 1.910 mm X 670 mm X 1.000 mm

Wheelbase : 1.220 mm

Ground Clearence : 145 mm

Bobot : 94 kg (Spoke)

Tinggi Tempat Duduk : 765 mm