Kenapa produk yamaha selalu menjadi sasaran tembak kompetitor…. Ini kesalahanya…

Lintangcruisersblog->> Begini bradzzz mencermati persaingan di pasar motor tanah air sejak era 2000an sampai 2016 akhir ini ternyata sangat menarik ya,masing2 pabrikan menjalankan  strategy dengan caranya sendiri tapi dengan goal yang sama yaitu agar produknya di terima pasar. Nah dari sini yang menarik adalah strategy dari Yamaha di mana pabrikan ini sangat agresif dengan briliant selalu membuat gebrakan di pasaran,sangat berani untuk babat alas serta menjadi pioneer untuk membuka segment baru,dan rata2 produknya booming di pasaran karena Yamaha sangat pandai membaca keinginan pasar didukung olah desain yang jozzy sehingga lebih di terima masyarakat . Nah berkat kepiawaian Yamaha inilah yang yang sempat membuat kompetitor kelabakan dan mau tidak mau harus merubah strategy mereka untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam penjualan. Dan jelas ini bukan menjadi hal mudah bagi kompetitor untuk melumpuhkan dominasi produk yamaha yg telah terlanjur mengakar kuat dan memiliki fansbase yang cukup besar di indonesia. Dan bagi yamaha kesuksesan produknya di pasaran juga memberi tantangan tersendiri bagi pabrikan ini,Yamaha harus terus bertahan menahan gempuran2 produk kompetitor dari segala sisi. Saat keteteran pun Yamaha masih berani dan bisa melakukan langkah2 besar dengan membuka segment baru untuk memperbesar daya serap produknya sekaligus antisipasi bila produk andalanya marketsharenya mulai tergerogoti dan terjungkal. Seperti contoh saat yamaha menyegarkan jupiter menjadi jupiter z dengan desain yang lebih modern,simpel dan familiar serta racikan mesin yg ideal membuat jupiter z melejit di persaingan segment bebek saat itu. 


Di lanjut gebrakan berikutnya dengan produk dan mesin baru serta menggunakan liquid cooler jupiter mx 135 di luncurkan dan di sambut positif di pasaran,kemudian di lanjut penetrasi pasar di segment sport untuk menemani scorpio yamaha melaunching vixion gen 1 dengan tagline “yang lain ga bisa ngikutin” dan terbukti vixion kembali merebut hati bikers indonesia dengan mengusung mesin 150cc liquidcooler dan system injeksinya. Di saat itu rival terdekatnya yaitu honda hanya bisa memaksa supra family untuk berjibaku melawan jupiter series.kemudian memposisikan megapro facelift(primus) dengan tanpa perubahan dapur pacu untuk menghadang vixion namun gagal total dan di di 2010 Honda kembali membuka seranganya denga newmegapro yang malah di sambut yamaha dengan meluncurkan Byson dan langsung booming di pasaran. Walaupun akhirnya new megapro dan byson sama 2 hampir kehabisan nafas tanpa bertarung mungkin nasibnya akan seperti tiger dan scorpio kalau dalam bahasa wayangnya yaitu sama2 sampyuh hehhe.
Nah berangkat dari sinilah Honda mulai merubah strategy feodalnya yaitu fokus menyerang produk2 vital yamaha yang menjadi tulang punggung penjualan yamaha,dengan kolaborasi beat dan vario berhasil melengserkan mio di segment matic,Revo dan Blade berhasil menggusur duet maut Vega dan Jupiter di kelas bebek. Dan yang paling berat adalah melengserkan yamaha vixion gen 2 (NVL) karena CB150R harus facelift dan merubah dapur pacunya untuk menetralisir mindset konsumen tentang keunggulan yamaha vixion guna merebut tahta sportvdi indonesia yang perlahan2 mulai berhasil di lakukan oleh honda. Dan kejadian berlanjut dengan R15 yang memaksa honda melokalkan produksi CBR150R untuk bersaing di kelas ini,tak cukup sampai di situ R25 pun segmentya di kejar honda dengan merilis allnew CBR250RR dual silinder. Yamaha Nmax lah yang belum tersentuh oleh honda di segment maxi scooter tapi sepertinya Yamaha ga ingin kebobolan lagi dengan menyiapkan prajurit pendamping Nmax yaitu Aerox 155. Tapi tetap Yamaha harus terus berfikir keras untuk bisa lepas dari serangan Honda yang lambat namun pasti ini,soalnya di mana ada segnent empuk yang di buka yamaha Honda pasti siap menginvasinya hehehe… Yo ora brazz. Ya semua pabrikan ada kekurangan dan kelebihanya jika yamaha jago dalam first mover atau membuka segment baru serta olah desain yang jozzy yang menjadikan yamaha selalu menjadi sasaran tembak kompetitor maka honda jago dalam menyerang dan melumpuhkan dengan cara mencari kelebihan produk kompetitor,menyempurnakan dan mengkudeta.. Iyak bradzzz it hanya analisa masjeck pribadi dari hasil minum susu beruang kemaren sore.. Hanya sebagai inspirasi wae n jangan di masukin kehati… See you… Salam cah mbeling.  

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa produk yamaha selalu menjadi sasaran tembak kompetitor…. Ini kesalahanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s